10 KULINER KHAS YOGYAKARTA

2 views

Wisata kuliner selalu menjadi bagian yang paling penting ketika melakukan traveling. Setiap daerah mempunyai kuliner khas yang tidak bisa kita temui di daerah lain. Walaupun kadang bisa ditemukan di daerah lain atau bahkan di luar negeri, makan atau minum kuliner khas di daerah asalnya selalu mempunyai kenikmatan tersendiri. Nasi Padang saja lebih terasa nikmat ketika dimakan di Kota Padang-nya, dari pada dimakan di Kota Jogja. Kalau Anda traveling ke Jogja, jangan lupa menyicipi kuliner khas Jogja. Selain wisata alam dan budaya, Jogja juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Jadi, apa saja yang harus Anda cicipi ketika berada di Jogja?
Berikut 10 kuliner khas Jogja yang harus dicoba:
Gudeg
Gudeg, Kuliner Khas Jogja (Resep.Net)
Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah ikon kuliner khas Jogja. Rasa asli gudeg sebenarnya manis, hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa. Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem.
Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.
Beberapa rekomendasi gudeg Jogja yang terkenal yaitu Gudeg Permata, Gudeg Pawon, Gudeg Yu Djum, Gudeg Tugu, dan Sego Gudeg Nggeneng Mbah Marto. Harga gudeg tersebut berkisar dari Rp7.000,- hingga Rp25.000,-
Bakmi Jawa
Pada dasarnya, bakmi adalah makanan dengan sajian mi. Bakmi disajikan dengan campuran daging atau ayam dan sayur-mayur seperti kol. Bakmi bisa dimakan dengan kuah atau tanpa kuah alias bakmi goreng. Dahulunya, bakmi dibawa oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia, kemudian bakmi beradaptasi dengan rempah-rempah Indonesia.
Beberapa rekomendasi bakmi jawa yang terkenal adalah Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Gito, Bakmi Jombor, dan Bakmi Pele. Harga bakmi berkisar sekitar Rp15.000,- an.
Sate Klathak
Sate klathak adalah sate kambing yang hanya dibumbui garam serta dibakar dengan menggunakan jeruji besi sepeda di atas bara arang. Tusukan jeruji besi sepeda inilah yang membuat sate klathak menjadi sate yang unik dan khas. Jeruji besi berfungsi untuk menghantarkan panas agar daging kambing matang dengan merata. Sate klathak dimakan dengan sajian kuah gule.
Bagi Anda pecinta masakan berbahan daging kambing, Anda tidak boleh melewatkan kuliner unik ini. Beberapa rekomendasi sate klathak di Jogja yaitu Sate Klathak Pak Pong, Sate Klathak Pasar Jejeran, dan Sate Klathak Pak JeDe. Harga sate klathak berkisar antara Rp12.000,- hingga Rp30.000,-.
========================================
reference:
https://www.kotajogja.com/122/10-kuli…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *