ayam taliwang

3 Tempat Kuliner Ayam Taliwang

4 views

Ayam Taliwang merupakan olahan makanan yang berbahan dasar daging ayam khas Taliwang, Nusa Tenggara Barat. Ayam Taliwang berasal dari nama kampong (karang) di Lombok yaitu Karang Taliwang, kecamatan Cakranegara, Mataram. Cara membuat ayam taliwang sedikit berbeda dari kebanyakan olahan daging ayam lain. Daging ayam taliwang biasanya mengalami proses penggorengan terlebih dahulu sebelum akhirnya dibakar. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu yang berasal dari  berbagai rempah-rempah. Selain itu, ayam taliwang disajikan dengan bumbu khas terpisah. Masakan ini akan lebih nikmat apabila disantap dengan tambahan plecing kangkung. Walaupun makanan ini telah merambah kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bali, dll, namun kurang rasanya jika tidak mencicipi ayam taliwang langsung dari Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok. Berikut ini beberapa referensi tempat makan ayam taliwang versi cumibunting.

1. Rumah Makan Taliwang Kania

ayam taliwang kania

 

Rumah Makan Taliwang Kania cumilebay.com

Rumah Makan Taliwang Kania adalah salah satu rumah makan yang cukup populer di Kota Mataram. Rumah makan ini menawarkan cita rasa yang baik dan dapat diadu dengan tempat lainnya. Tempatnya yang bersih dan nyaman pun menjadi kelebihan dari rumah makan ini. rumah makan yang terletak di Jl. Panca Usaha, Cakranegara, Mataram ini menyajikan sajian ayam taliwang yang lezat. FYI, pemiliknya berasal dari tempat asal mula ayam taliwang yaitu kampung Karang Taliwang. Selain ayam taliwang, tempat ini juga menyediakan menu lain, diantaranya plecing kangkung, gurami bakar taliwang yang harganya berkisar antara IDR 10.000,- s/d IDR 40.000,-.

2. Ayam Taliwang Pak Udin

ayam taliwang udin

 

Ayam Taliwang Pak Udin kulinerlombok.wordpress.com

Ayam Taliwang Pak Udin dulunya sempat berada di Jl. Pejanggik (depan kantor BNI Syariah) berupa kaki lima, namun kini telah pindah ke Jl. Gelatik Cakra (sebelum Hotel Lombok Plaza). Tempat ini tidak hanya di dalam ruangan saja, namun disediakan pula meja dan kursi di depannya sehingga dapat menikmati indahnya bintang-bintang pulau Lombok. Ayam Taliwang Pak Udin buka dari jam 6 sore hingga larut malam. Menu yang disajikan pun tak hanya ayam taliwang saja, namun ada juga berbagai macam ikan bakar, terong bakar dengan sambal, plecing kangkung yang siap menemani santap malam anda. Untuk segi harga masih terbilang masuk akal dan rasanya boleh diadu.

3. Rumah Makan dan Lesehan Taliwang Raya H.M. Bahran Moerad

rumah makan taliwang raya

 

Rumah Makan Taliwang Raya www.tripadvisor.com

Rumah Makan Taliwang Raya merupakan salah satu tempat makan paling ramai di daerah ini. Rumah makan ini terletak di daerah Desa Taliwang, Cakranegara yang menjadi tempat asal mula ayam taliwang. Menu andalan tempat ini adalah ayam taliwang bakar madu, namun terdapat juga menu lainnya  seperti ayam plecingan, ayam pedas manis, ayam sambal lima, ayam bakar kecap, ayam goreng asam dan ayam goreng biasa. Untuk harga juga tidak terlalu mahal, berkisar antara IDR 10.000,- s/d IDR 40.000,-.

Bagi anda yang berniat atau sedang berlibur di Pulau Lombok, tak ada salahnya untuk mencicipi ayam taliwang tersebut. Atau mungkin jika anda memiliki rekomendasi lain bisa anda berikan di kolom komentar di bawah ini. Jadi tunggu apalagi?

Source Image: gurkhason.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *