kantin universitas telkom

5 Makanan Legendaris Universitas Telkom

143 views

Mendengar nama Universitas Telkom bagi kalangan tua pasti terdengar asing di telinga. Nama Universitas Telkom disematkan pada tahun 2014 dari sebelumnya bernama Institut Teknologi Telkom dan 2 tahun sebelumnya adalah STT Telkom. Waahh, sampe 2 kali ganti nama. Pergantian nama kampus tersebut merupakan kebijakan dari pihak kampus. Meskipun begitu kampus ini memiliki sejuta kenangan yang tak pernah terlupakan.

Walaupun kampus Universitas Telkom telah berganti nama hingga dua kali, banyak para alumni kangen untuk sekedar mampir ke kampus mereka hanya untuk sekedar bertemu kawan lama atau makan makanan favorit ketika waktu mereka kuliah.

Perkembangan bisnis di daerah kampus pun juga ikut berkembang dengan pesat seiring dengan pembangunan infrastruktur kampus Universitas Telkom ini. Hingga sekarang banyak yang membuka warung makan, warung kopi, tempat nongkrong untuk mengimbangi perkembangan gaya hidup mahasiswanya. Dari sekian banyak warung makan, ada beberapa warung makan yang dari dulu ada dan pasti menjadi langganan mahasiswa kampus bahkan menjadi menu makanan favorit tiap harinya.

Menurut Cumibunting crew yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Telkom menominasikan 5 makanan yang tertera di artikel ini menjadi makanan legendaris Universitas Telkom.

1. Warung Makan Mas Gondrong

Siapa yang ngga kenal Mas Gondrong? Siapa bro? Ya itu mas mas gondrong. Eh, kalau kamu ngaku sebagai mahasiswa Universitas Telkom belum tahu mas gondrong brarti ada salah dari dirimu atau level kehidupanmu sudah berada di kelas yang berbeda.

Yaa, Warung Makan Mas Gondrong ini merupakan salah satu warung makan favorit mahasiswa kampus ini. Menu yang disajikan hampir semuanya menu masakan yang biasanya ditemui di rumah kamu. Masalah harga? Jangan khawatir, harga makanan di Mas Gondrong masih pas untuk kantong para mahasiswa tanggal tua sekalipun.

Letak warung makan Mas Gondrong ini ada di samping kampus Universitas Telkom, deretan warung makan pinggir jalan Sukabirus. Jadi jika kamu dari PGA, jalan saja ke arah Jalan Sukabirus hingga menemukan belokan dan pertigaan, sekitar 50m dari pertigaan di depan warung jus terdapat warung makan kecil. Nah itu warung makan Mas Gondrong.

2. Soto Betawi Pak Odang

Soto Betawi Pak Odang merupakan juaranya soto betawi di daerah kampus Universitas Telkom. Eh, ada yang lain ngga ya? Soto Betawi ini menjajakan beraneka ragam makanan betawi. Makanan favorit anak kampus jikalau ditanggal muda. Hoho. Harganya cukup lumayan untuk memenuhi hasrat makan soto betawi.

Uniknya dari Soto betawi Pak Odang ini setiap hari pasti selalu kehabisan masakannya, alhamdulillah. Jadi jangan berharap di atas jam 9 malam masih ada sisa. Dan Soto betawi Pak Odang ini serasa customernya yang butuh bukan Pak Odang yang butuh untuk jualan, karena setiap soto betawi Pak Odang libur pasti dicari pelanggannya, sekalinya buka pasti rame. Alhamdulillah ya.

Tempat Soto Betawi Pak Odang ini sederet dengan warung makan Mas Gondrong, tetapi letaknya sebelum belokan sukabirus pertama dari PGA.

3. Padang Jawa (Padjaw)

Biasanya masakan padang ya masakan padang, masakan jawa ya masakan jawa. Ini ada yang namanya Padang Jawa (Padjaw). Terdengar agak sedikit aneh, namun masakannya memang benar benar top. Dinamakan Padjaw karena yang jualan berasal dari orang Padang dan orang Jawa. Berbeda dengan masakan Padang yang lain, masakan Padjaw seperti ayam dan ikannya sangat renyah, bahkan tulangnya bisa dimakan. Telurnya pun ngga nanggung nanggung. Pokoknya kalau makan kesini kamu bahkan ketagihan. Sekarang harganya sekitar Rp 16.000, 00 untuk nasi + ayam + telur.

Letak Padjaw ini sekarang berada di sukapura setelah SMA Dayeuhkolot bertemu dengan pertigaan pertama, nah di pertigaan kedua setelah itu akan ada jalan ke kanan, jalan buntu. Tempat jualannya berada di ujung sebelah kanan.

padang jawa (padjaw telkom)

Lokasi baru Padjaw www.arifsetiawan.com

4. Mie Ayam Jabrik

Mie ayam ini merupakan salah satu menu favorit mahasiswa kampus Universitas Telkom. Mie ayam dari Wonogiri ini menggunakan bakmi yang besar berbeda dengan bakmi yang biasanya dipakai oleh mie ayam kaki lima lainnya. Yang membuat mie ayam jabrik ini enak adalah bumbu yang khas dari pembuatnya. Yaiyalahh!

Dahulu letak warung mie ayam jabrik ini berada di dekat bunderan universitas Telkom. Kemudian mie ayam jabrik pindah ke daerah PGA dekat dengan sungai cikapundung. Jika kamu dari kampus Universitas Telkom, berjalanlah ke arah PGA, setelah jembatan PGA belok kiri sekitar 100 m ada warung makan dengan 2 lantai di sebelah kanan, yaa itu adalah Warung Mie Ayam Jabrik.

5. Munjul

Munjul, masih tergolong baru sih. Akan tetapi delivery munjul ini patut dijadikan salah satu makanan favorit universitas Telkom. Meskipun katanya pelayanannya lama hingga ada yang nyeletuk “Paling besok dikirimnya”, dengan kesan seperti itu munjul masih tetap menjadi salah satu idola makanan yang paling sering dipesan.

Slogan munjul “Ingat makan Ingat Munjul” sukses tertanam di ingatan para pelanggannya. Munjul selalu memperbaiki kualitas delivery dan pelayanannya. Hingga sekarang terdapat lebih dari 4 warung makan munjul di kawasan Universitas Telkom. Sukapura, Sukabirus, PGA, dan daerah babakan ciamis dikuasainya.

Nah dari menurut cumibunting crew 5 makanan legendaris Universitas Telkom itu menjadi idola mahasiswa. Merasa makanan favoritnya belum dimasukkan? Bisa komentar di bawah artikel ini. Thankyou!!!

Eh ternyata ada tambahan dari temen temen mahasiswa maupun alumni Universitas Telkom. Bisa dicek di Makanan Legendaris Universitas Telkom Part 2

source image : www.telkomuniversity.ac.id

33 komentar

  1. Ah, kurang ini, nasi kuning legendaris sukapura yang sudah beroperasi sejak berdirinya STT dan Warung Raos yang kalau ramadhan antrinya kayak ular dan biasanya cuma buka sampai jam 1 siang di hari2 biasa ga ditulis 😀

  2. sepertinya pamor Ayam Baghdad mulai menurun yah, padahal pas awal awal saya kuliah tahun 2007an terkenal banget dengan antriannya 😀

    dan ada juga warung ibu bali, dengan “ayam biadab” yang jadi andalannya hahaha

    1. ayam baghdad ngga se wah dulu. 🙁 harganya juga melonjak naek terus, ngga dibarengi sama kualitas kadang”. kadang asin kadang pas. Oke, ayam baghdad masuk ke list gan. Mantap!. Oh iyaa, kelupaan ayam biadabnya bu fatimah cihuy juga.

  3. waah revienya bagus banget gan! tapi…survey nya ada kurang nih 😀

    1. “Raos” nda masuk. mana ada yg kayag ini :
    a) menu superr lengkap, bersih, sehat
    b) buka mulai subuh
    c) tutup jam 12 siang/ ba’da dhuhur karena ludhes
    d) kalau pagi antriannya panjang
    e) kalau pas Ramadhan (saur) sudah mulai antri panjang sedari jam 3 pagi

    2. Bu Fatimah
    ini warung dengan menu2 bali, terkenal dari jaman ane blm masuk di kampus

  4. podomoro gan ketinggalan, ada ayam bagdad, jangan lupain juga “WDP” warung depan poltek..haa yang angkatan 2008 kebawah pasti tau…sebelum digusur ane sering makan disitu..

  5. lokasi MIE AYAM JABRIK.
    kalo dari kampus telkom, ke arah PGA setelah ngelewatin jembatan PGA belok ke kiri sekitar 50 meter.
    bukan belok ke kanan wkwkwk

  6. Warung makan BuDhe gan,,,yg dulu di kantin itu pas pingin nostalgia ternyata pindah ke sukapura deket jembatan,,,,,krengsenganya Hmmmmmm
    sama warung Bu Sunda murahnya warteg manapun kala terkenal dengan sayur kecapnya

  7. iyaa bu fatimah tuh harus banget dimasukin, legend banget lah… mcdun sama ayam baghdad boleh juga tuh. duh jadi kangen makanan daerah kampus 😀 btw aku lebih suka mie ayam pak budi depan SC sih daripada jabrik hahaha 😀

  8. Di dekat whitehouse pun ada Rumah Makan Batak
    Panggang, Saksang, memang lah Telkom ini Bhineka Tunggal Ika, salut buat Telkom University !

  9. holy taste alias mulya rasa gans….lauk murah berkuliatas,nasinya infiniity,harganya pas di tanggal tua atau muda.terbaik lah…sebelum jabrik gans..

  10. dulu di sukapura ada kantin legendaris namanya kantin daffy,
    salah satu yg enak itu ayam penyetnya.
    ayam penyetnya persis rasanya sama ayam penyet bu kris yg melegenda, tp ayam penyet bu daffy setingkat lebih sedep lah dan jauh lebih murah.
    skrg warungnya udah tutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *