cara menghilangkan rasa bosan

7 Cara Menghilangkan Rasa Bosan

5 views

Pernahkah kamu merasa malas untuk melakukan segala hal? Bagaimana cara menghilangkan rasa bosan tersebut? Rasa bosan timbul karena kamu melakukan kegiatan yang monoton dan diulang ulang setiap harinya. Tidak ada variasi dalam kegiatan sehari, yang dilakukan selalu itu itu dan itu. Bagaimana tidak bosan. Jika kamu sudah berada titik puncak kebosanan maka kamu akan malas untuk melakukan segala hal alias mager.

Lantas bagaimana cara mengatasi rasa bosan tersebut? Cumibunting punya segudang tips buat kamu yang perlu variasi dalam kegiatanmu.

1.      Sesekali Ngobrol Dengan Teman

Buat kamu yang selalu hanya melakukan kegiatan kuliah, pulang, buka laptop, mengerjakan tugas, tidur, makan, mandi, berangkat kuliah lagi, sesekali keluar lah bersama teman teman mu sekedar untuk mengobrol, melepas penat dalam perkuliahan, saling sharing tentang kehidupan masing – masing (yang patut disharing).

Pergi bersama teman dan mengobrol bukan maksud untuk membuang waktumu dengan sia sia. Jika terlalu sering mungkin jawabannya iya. Untuk menghindari obrolan yang “sia=sia” buat lah pembicaraan yang bermanfaat.

Perlu diketahui, manusia itu adalah makhluk sosial. Mau bagaimanapun kamu tidak dapat hidup sendiri, kamu butuh pertolongan orang dan orang membutuhkan pertolongan kamu. Salah satunya ya ini, mengobrol bersama teman. Dengan kamu chit chat ketawa bareng bersama temanmu secara tidak langsung bisa merefresh otakmu yang sudah jenuh dengan rutinitasmu sehari hari. Cobalah kawan!

2.      Olahraga Secara Teratur

Tidak pernah olahraga bisa menyebabkan badanmu lemas dan malas untuk ngapa ngapain alias bosan. Untuk gerak saja males, paling banter ya tiduran di kosan sambil maenan HP. Produktif ngga menurutmu? Jikalau kegiatan tersebut di-convert ke kegiatan yang lebih bermanfaat mungkin hidupmu jauh lebih berwarna.

Kamu yang jarang olahraga sebaiknya mulai dari sekarang melakukan aktivitas olahraga. Sekedar lari di pagi hari mengitari kampus maupun di sore hari bisa lah ya. Kegiatan olahraga ini cobalah untuk dirutinkan, seminggu sekali atau seminggu 3 kali itu juga sudah cukup.

Olahraga dapat melancarkan peredaran darahmu sehingga membuat otakmu fresh untuk melakukan kegiatan lain dan tidak lesu.

3.      Mengganti Posisi Belajar Atau Bekerja

mengatasi rasa bosan

Bosan juga bisa terjadi kepada kamu yang sudah jenuh dengan posisi meja belajar atau meja kerja yang itu itu saja. Agar terdapat variasi cobalah sesekali mengganti tata letaknya. Fungsinya adalah agar suasana kerja atau belajar berbeda dari biasanya sehingga dapat meningkatkan kinerja kamu.

4.      Mengubah Suasana Kamar

Sesekali mengubah suasana kamar memang perlu. Apakah kamu tidak bosan dengan posisi seperti itu itu saja? Agar kamu tidak cepat bosan, setiap sebulan sekali bisa kamu atur ulang suasana kamarmu. Selain dapat meningkatkan kinerjamu, juga menambah rasa nyaman atau bahkan kamu bisa menemukan suasana yang pas.

5.      Travelling

Buat kamu yang bosan akut, sebaiknya kamu istirahat sejenak dengan berlibur ke suatu tempat atau istiliah kerennya travelling. Travelling ke tempat tempat yang kamu senangi seperti gunung, pantai, atau tempat bersejarah bisa memunculkan ide ide yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ide ide yang dapat mengubah polamu kegiatanmu menjadi lebih menarik. Sangat disarankan untuk tidak mengunjungi tempat keramaian seperti mall, tempat nongkrong. Cobalah sesekali melihat alam sekitarmu yang begitu indah.

6.      Kuliner

Bagi kamu yang doyan makan, cobalah kuliner ke tempat tempat yang memang belum pernah kamu kunjungi. Hal ini untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa bosan yang sedang kamu alami. Penat, capek, males, dan bosan akan hilang ketika kamu menemukan sesuatu yang baru dan menarik. Jika kamu suka kuliner soto, carilah tempat makan soto yang belum pernah kamu kunjungi.

Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang baru, selain menambah wawasan dan pengalaman bisa jadi menambah daftar referensi kuliner kamu.

7.      Menyendiri sejenak

Menyendiri terkadang memang perlu. Mengapa? Karena akan membuatmu sejenak berpikir mengapa kamu bisa bosan, apa yang harus kamu lakukan, apa yang salah dari rutinitasmu. Hal ini bisa jadi sekaligus instropeksi terhadap dirimu sendiri. Menyendiri bukan berarti untuk melamunkan sesuatu, tetapi kamu memang butuh waktu untuk sendiri.

Jangan pernah sesekali menganggap hidupmu itu bosan. Perlu diketahui bahwa yang membuat hidupmu ini tidak pernah bosan mendengar keluh kesahmu, rasa sedihmu, maupun segala curhatanmu. Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambaNya dalam mengatasi rasa bosan. Cieilah. Keep positive thinking, be fresh! Salam Cumibunting!

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *