jeruk nipis

Air Jeruk Dapat Mencegah Kolesterol?

4 views

Benarkah air jeruk dapat mencegah kolesterol? Mari kita simak ulasan berikut ini. Beberapa orang bahkan teman mengatakan bahwa ketika makan makanan berlemak atau makanan yang mengandung banyak santan sebaiknya teman minum adalah air jeruk. “Eh kamu pesan es jeruk saja, kalau ada es jeruk nipis malah lebih bagus.” Tutur teman yang kuliah di bidang farmasi.

Apakah perasan jeruk nipis dapat menurunkan kolesterol jika menambahkan perasan tersebut ke dalam makanan. “Yang benar adalah air asam dari jeruk nipis memang dapat memecah lemak dan mudah dilarutkan dalam air,” jelas dr. Diana Suganda, ahli gizi.

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan). Kolesterol memiliki bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel.

Yang harus dipahami adalah kolesterol masih dibutuhkan oleh tubuh kita. Yang selama ini banyak ditakuti adalah kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak di dalam darah.

source : www.readersdigest.co.id

Bagi kamu yang suka makan makanan berlemak seperti masakan padang (Dendeng Batokok), sate kambing, dan ayam goreng, apakah kamu menjadikan air jeruk teman minummu? Biasanya lebih cenderung memesan es teh manis. Teh juga dapat menurunkan kolesterol, tetapi dalam kadar yang sedikit, kamu bisa cek artikel cumibunting sebelumnya tentang teh hijau menurunkan kolesterol.

Asalkan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh berimbang dengan kebutuhannya maka tidak menjadi masalah. Perlu diketahui bahwa kolesterol tidak larut ke dalam darah. Kolesterol dibawa oleh lipoprotein agar bisa dikirim ke seluruh tubuh. Lipoprotein ini berperan sebagai carrier atau pembawa.

Jadi apakah memang air jeruk bisa mencegah kolesterol?

jeruk nipis

Jawabannya adalah tidak. Alih alih jika terlalu banyak meminum air jeruk dapat menimbulkan efek samping yang lain. Beberapa riset menunjukkan bahwa air jeruk hanya meningkatkan kadar kolesterol HDL di dalam tubuh. Jadi gimana sih biar kolesterol stabil meskipun banyak makan makanan berlemak? Imbangi dengan makan sayur sayuran dan olahraga secara teratur. Keep eating, Keep Healthy! Salam Cumibunting!

Referensi : livestrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *