manfaat vegetarian

Baikkah Menjadi Seorang Vegan (Vegetarian)?

3 views

Kata banyak orang banyak sekali manfaat vegetarian (vegan). Sudah sejak lama campaign vegetarian terus digalakkan. Padahal jika kamu tahu bahwa pola makan seperti vegetarian sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Apakah kamu termasuk golongan vegetarian? Termasuk tipe vegetarian yang mana kamu?

Tipe Vegetarian

Ada tiga tipe vegetarian :

1.      Vegan

Tipe vegetarian yang tidak makan sama sekali produk hewani dan produk olahannya termasuk susu, telur, keju.

2.      Lakto Vegetarian

Tipe lakto vegetarian ini adalah vegetarian yang masih mengonsumsi lakto (susu).

3.      Lakto Ovo Vegetarian

Yaitu vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan telur

Sumber : fitnessformen

Menjadi vegetarian memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki banyak risiko yang bila tidak dilakukan dengan baik, akan berdampak buruk terhadap tubuhmu. Orang yang ingin menjadi vegetarian secara ekstrim langsung berhenti makan olahan hewani. Seketika tubuhnya bisa kaget dan bisa menimbulkan sakit. Seperti halnya dengan orang yang rajin berolahraga setiap hari, bahkan sehari harus dua kali pagi dan sore. Jika si orang yang berolahraga ini tiba tiba berhenti berolahraga secara ekstrim maka bisa menyebabkan tubuhnya kaku, pegal pegal bahkan hingga kematian. Ada baiknya bila mendalami secara baik apa itu vegetarian, apa keuntungan dan kerugiannya, dan siasat apa yang harus dilakukan supaya mengurangi efek kerugian yang ditimbulkannya, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pola makan vegetarian.

Menurutmu menjadi vegetarian baik atau buruk?

Beberapa orang merasakan manfaat menjadi vegetarian. Manfaat vegetarian ini sebenarnya diikuti dengan kerugiannya. Bagaimana kita bisa mendapatkan zat zat seperti kalsium, seng, zat besi yang notabene didapat dari makanan olahan hewani. Oke brarti kita tidak bisa menjadi vegan, bisa kita pilih alternatif menjadi lakto vegetarian atau lakto ovo vegetarian.

Pilihannya adalah “Kamu ingin hidup sehat atau menikmati hidup?”. Pasti kamu ingin kedua opsi tersebut. Benar kan? Apakah dengan menjadi vegetarian kita bisa mendapatkan kedua opsi tersebut? Opsi pertama jelas pasti bisa. Opsi kedua? Apakah kamu bisa menikmati hidupmu? Apakah dengan makan daging dagingan kamu tidak bisa hidup sehat? Kamu masih bisa hidup sehat dengan memakan semua makanan nabati maupun hewani jikalau porsi atau takarannya pas.

Kamu tahu kan sesuatu yang berlebihan pasti berdampak buruk bagi diri sendiri? Begitu halnya ketika kamu terlalu banyak makan sate setiap harinya. Kamu bisa terkena darah tinggi begitu cepat. Bagaimana jika diimbangi dengan berolahraga?

workout

Jika kamu menjaga tubuhmu agar tetap sehat dengan berolahraga, makan teratur, istirahat yang cukup. Hal ini akan meminimalisir terjangkit penyakit yang berbahaya. Sebenarnya tidak masalah apakah kamu vegetarian atau bukan. Yang terpenting adalah berlebihan. Karena sejatinya yang berlebihan itu tidak baik. Keep eat, Keep workout! Salam Cumibunting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *