teh dapat menurunkan kolesterol

Benarkah Teh Dapat Mengurangi Kolesterol?

4 views

Tahukah kamu bahwa teh mengandung zat yang dapat mengurangi kolesterol? Yap, benar sekali, teh dapat mengurangi kolesterol dan memiliki segudang zat zat yang baik untuk kesehatan. Jika kamu mengkonsumsi teh secara periodik secara tidak langsung juga mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuhmu. Jangan salah, kolesterol terdiri dari dua macam, kolesterol “baik” HDL dan kolesterol “jahat” LDL.

Menurut penelitian Xin-Xin Zheng dari Peking Union Medical College bersama rekannya menyatakan bahwa teh memang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Memang dapat menurunkan kolesterol tetapi dalam jumlah yang kecil.

Pada penelitian, orang yang mengkonsumsi teh rata rata memiliki kadar kolesterol 7,2 mg/dL lebih rendah dari kelompok pembandingnya, dan kadar LDL atau kolesterol “jahat” menurun 2,2 mg/dL. Efek penurunan kolesterol tersebut disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam teh yakni catechins. Zat kimia ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi tidak disarankan mengkonsumsi teh dahulu karena efek penurunannya kecil. Pakailah obat yang memang terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi mu secara signifikan. Mengkonsumsi teh secara berlebihan malah akan menyebabkan efek samping lain seperti kerusakan hati. Minumlah dalam kadar yang wajar.

Jika kamu ingin mendapatkan khasiat maksimal dari teh, sebaiknya teh tidak dicampur dengan pelengkap lainnya seperti gula ataupun susu. Teh yang dicampur dengan gula manis khasiat dari zat zat nya yang terkandung di dalamnya akan berkurang. Nah sebaiknya biasakan minum teh tawar.

teh menurunkan kolesterol

Kamu yang suka makan sate kambing atau makanan berlemak lainnya dapat menjadikan teh tawar ini teman makanmu. Selain menyehatkan juga harganya murah atau bahkan gratis jika memang disediakan welcome drink berupa teh tawar.

Selain teh dapat menurunkan kolesterol meskipun dalam jumlah sedikit, teh memiliki khasiat yang lain seperti:

1.      Dapat menurunkan berat badan

Pada studi tahun 2011 di Journal Obesity menyebutkan bahwa tikut yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat dalam teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak diberikan senyawa tersebut.

2.      Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

Kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung.

3.      Meningkatkan metabolisme tubuh

Teh hijau mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.

4.      Mencegah diabetes

Ternyata selain dapat menurunkan kolesterol, teh juga dapat mencegah diabetes, karena kafein yang terdapat di dalam teh dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

5.      Meningkatkan kesehatan gigi

Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah juga pada gusi.

Wah banyak juga ternyata ya manfaat dari teh ini. Dilain kesempatan cumibunting akan membahas lebih dalam mengenai khasiat teh. Your Health is Precious!! Salam Cumibunting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *