chai kue khas pontianak

Chai Kue Khas Pontianak yang Menggoyang Lidah

7 views

Jika berbicara tentang kuliner khas Kota Pontianak, tentu tidak lengkap rasanya jika Chai Kue khas pontianak tidak dimasukkan dalam daftar. Sebagai daerah yang terkenal dengan keberagaman etnisnya, Pontianak berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner dengan aneka masakannya yang unik. Dimana dalam masakan kota ini tercampur berbagai macam resep masakan yang berasal dari banyak suku dan etnis. Salah satu etnis yang memberikan banyak pengaruh terhadap kuliner Pontianak adalah Tionghoa. Tidak mengherankan jika Pontianak terkenal dengan makanan orientalnya yang lezat.  Salah satu masakan bercitarasa oriental yang terkenal di Kalimantan Barat adalah Chai Kue. Makanan yang juga dikenal dengan nama Choi Pan ini adalah jenis masakan yang dibawa keturunan Chinese yang merantau lalu menetap di Pontianak. Chai Kue diambil dari bahasa China dimana Chai artinya adalah sayuran. Sedangkan kue artinya adalah kue. Sehingga jika digabung, Chai Kue adalah kue yang di dalamnya diisi sayuran.

Rasa Chai Kue Khas Pontianak yang Unik dan Lezat

Pada dasarnya, Chai Kue masuk dalam jenis dimsum. Dimana cara memasaknya adalah dengan dikukus. Isi dimsum pontianak ini umumnya sayuran. Isinya bervariasi, ada yang diisi dengan talas, bengkoang, rebung, kucai atau ebi yang diiris-iris. Sedangkan untuk bagian kulitnya, bahan yang digunakan adalah campuran tepung sagu dan tepung beras. Kombinasi inilah yang membuat teksturnya terasa kenyal dan licin. Untuk menambah rasa gurih pada chai kue, bagian luar kulit dibalut menggunakan minyak bawang putih serta bawang putih yang telah digoreng. Dengan perpaduan tersebut, bisa dirasakan betapa gurih dan nikmatnya chai kue dari Pontianak ini.

Mampir juga yuk ke :

Untuk penyajiannya, Anda bisa mencelupkan chai kue ini pada cocolan saus yang dicampur dengan bawang putih. Saus ini terasa pedas sehingga menambah cita rasa Chai Kue khas pontianak. Sensasi kenikmatan yang akan Anda rasakan saat menyantap chai kue adalah rasa asin dan gurih dari ebi dan penggunaan bumbu, rasa manis yang didapatkan dari bengkoang serta rasa pedas yang menggugah selera dari saus cocolannya. Di Pontianak, Anda bisa dengan mudah menemukan hidangan ini. Sebab hampir semua sudut wilayah Pontianak menyediakan chai kue, baik di restoran, rumah makan bahkan warung pinggir jalan. Meskipun demikian, Anda yang muslim harus pintar dalam memilih chai kue mana yang halal dengan yang tidak. Sebab di beberapa tempat, ada yang menjual chai kue dengan daging babi.

Seperti yang diketahui bahwa chai kue yang paling terkenal ada di Bangka Belitung dan Pontianak. Meskipun sama-sama lezat, chai kue Bangka Belitung dan Pontianak memiliki keunikan cita rasa yang berbeda. Bahkan bentuknya pun berbeda. Chai Kue khas pontianak berbentuk memanjang, sedangkan khas bangka belitung berbentuk segitiga. Isi dan taburannya pun berbeda. Jadi Anda yang sedang melakukan wisata kuliner pontianak harus mencicipi chai kue disana.
Chai Kue khas pontianak memang selalu diburu oleh penikmat kuliner nusantara. Kelezatan dan kenikmatannya selalu diceritakan dari mulut ke mulut. Kedai atau rumah makan yang menyajikan menu makanan ini hampir semuanya laris dikunjungi pengunjung, baik siang maupun malam. Tidak hanya masyarakat lokal, wisatawan dari berbagai daerah pun menyukai masakan ini. Pasalnya, chai kue dari Pontianak cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. Hal ini terlihat dari bumbunya yang digunakan. Dimana bumbu yang digunakan berasal dari rempah Indonesia yang selalu menggugah selera.

gleam cafe pontianak

sumber : FoodRooter

Jika dilihat-lihat, bentuk chai kwe lebih menyerupai pastel. Hanya saja, kulitnya dibiarkan basah dan tidak digoreng. Sebagai kue basah, makanan khas ini memiliki kulit yang tipis sehingga akan terasa meleleh di mulut. Chai Kwe disajikan di dalam wadah yang terbuat dari alumunium lalu dialaskan menggunakan daun pisang. Sajian chai kwe biasanya disusun melingkar. Masakan ini tata secara terpisah sesuai dengan isinya. Chai Kue khas pontianak sangat nikmat jika disantap ketika masih panas. Jika Anda tidak suka rasa pedas, masakan ini juga terasa lezat jika Anda cocol dengan kecap asin.

Lembut, kenyal, sehat dan lezat, definisi tersebutlah yang bisa menggambarkan Chai Kue khas pontianak. Jadi Anda yang mengaku sebagai pecinta kuliner, sudah seharusnya mencicipi kelezatan dari chai kue ini. Di beberapa tempat, ada chai kue disajikan dengan cara digoreng. Tinggal Anda pilih, mana yang paling sesuai dengan selera. Biasanya, masyarakat Pontianak menjadikan masakan ini sebagai menu sarapan yang nikmat. Ditemani dengan teh hangat, tentunya sarapan Anda dengan chai kue akan lebih menggugah selera.

 

Sering dicari untuk sarapan, tidak mengherankan jika kue ini langsung habis meskipun masih jam 10 pagi. Harga Chai Kue khas pontianak sendiri cukup bervariasi, tergantung dari tempat atau kedai mana yang menjualnya. Anda bisa membeli chai kwe dengan isi yang berbeda-beda sesuai selera.

Gallery for Chai Kue Khas Pontianak yang Menggoyang Lidah

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *