micin

Generasi Micin ?

0 views

Akhir-akhir ini kita sering dengar kata ‘generasi micin’, apa sih itu generasi micin? Generasi micin banyak dipakai untuk menggambarkan perilaku anak jaman sekarang yang melakukan hal bodoh tanpa berpikir baik dan buruknya terlebih dahulu. Hal ini sering dijumpai terutama di media sosial. Banyak orang beranggapan bahwa generasi ini terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung micin yang membuatnya menjadi bodoh. Apakah benar micin bisa bikin manusia menjadi bodoh? Atau jangan-jangan kalian belum tau apa itu micin?

Micin adalah penyedap rasa makanan atau yang biasa disebut MSG (Monosodium Glutamate) atau vetsin. Kegunaan MSG dalam dunia makanan tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena makanan akan terasa lebih sedap dengan tambahan MSG. Sejarah MSG diawali pada tahun 1907 oleh Prof. Kikunae Ikeda, seorang guru besar kimia yang berasal dari Tokyo Imperial University. Beliau menemukan bahwa kaldu dari kombu atau sejenis ganggang laut yang biasa dipakai sebagai bumbu tradisional warga jepang dapat membuat rasa makanan menjadi enak. Oleh karenanya beliau mengubah kaldu kombu tersebut menjadi bentuk kristal yang disebut glutamat. Rasa inilah yang kemudian ditemukan dan diberi nama umami yang berarti lezat. Rasa tersebut melengkapi 4 rasa lainnya yaitu asin, manis, pahit dan asam. Setelah melalui proses penyempurnaan maka terciptalah bumbu dapur yang awet dan mudah dimasak yang dikenal dengan nama MSG. Perusahaan yang pertama kali memproduksi MSG adalah Ajinomoto. Hingga akhirnya MSG mendunia dan membuat masakan sehari-hari semakin gurih.

Pernahkah kita bertanya, MSG kok bisa bikin mananan jadi enak ya? MSG sebenarnya bekerja memperkuat rasa alami dari berbagai makanan, seperti daging, ikan, dll. MSG ini dapat memperkuat rasa tersebut karena glutamatnya. Glutamat sendiri sebenarnya terdapat secara alami hampir diseluruh makanan yang kita makan.

Dosis MSG yang direkomendasikan oleh U.S Food and Drug Administration (FDA) adalah sekitar 30 mg/berat badan atau sekitar 1,5 gram/hari untuk orang dengan berat badan 50kg. Apabila diaplikasikan kurang lebih sehari kita masih aman untuk makan bakso di warung sebanyak 3 mangkok.

Jadi, apa benar MSG bisa bikin bodoh? Pada tahun 1970, Bazzano, D’Elia dan Olson melakukan penelitian pada 11 orang relawan yang berusia dewasa. Setiap orang diberikan 100gram glutamat setiap harinya selama 42 hari. Namun, hingga hari ke 42 tidak ditemukan bahwa MSG dapat merubah struktur maupun fungsi saraf relawan tersebut. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa MSG sebenarnya tidak membuat kita menjadi bodoh selama kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain itu sebaiknya MSG tidak diperkenalkan secara dini kepada anak, hal ini dimaksudkan agar anak tidak hanya memilih untuk mengkonsumsi jajanan yang gurih dibandingkan makanan sehat bergizi seimbang lainnya seperti sayur.

Mulai sekarang jangan salahin micin lagi ya guys. Salam Cumibunting!!!

 

Source image: unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *