sotong pangkong

Kelezatan Cita Rasa Sotong Pangkong Khas Pontianak

18 views

Bagi Anda para pecinta kuliner masakan daerah, Pontianak adalah salah satu daerah yang wajib dikunjungi karena keberagaman kulinernya yang unik dan lezat. Sotong Pangkong Khas Pontianak adalah makanan yang wajib Anda coba dan cicipi kelezatannya ketika mengunjungi Provinsi Kalimantan Barat. Selain pada hari-hari biasa, Sotong Pangkong juga sering ramai dibeli saat bulan Ramadhan. Namun khusus bulan Ramadhan, menikmati Sotong Pangkong di beberapa tempat dapat dilakukan pada malam hari. Kuliner Ramadhan Pontianak ini biasanya akan ramai pada malam hari, dengan suasananya yang mengasyikan. Biasanya para pengunjung menikmati Sotong Pangkong sembari menikmati suasana malam Ramadhan dengan berkumpul bersama keluarga ataupun teman.

Asyiknya Berburu Sotong Pangkong Khas Pontianak yang Lezat

Sotong Pangkong Khas Pontianak memiliki keunikan tersendiri baik dari cara menikmatinya ataupun bumbu dan cita rasanya. Penyajian untuk menikmati Sotong Pangkong biasanya dilengkapi dengan sambal kacang yang tak kalah lezatnya bila dicampurkan dengan sotong. Sotong Pangkong berbahan dasar dari sotong atau cumi. Asal muasal dinamakan Sotong Pangkong adalah karena cara pembuatannya dilakukan dengan mengolah sotong yang dikeringkan kemudian dipukul-pukul. Kata dipukul-pukul pada bahasa Melayu memiliki istilah dipangkong. Dengan demikian Sotong Pangkong adalah sotong yang telah diolah dengan dikeringkan kemudian dipukul-pukul hingga bentuknya menjadi pipih.

Alasan pengolahan Sotong Pangkong Khas Pontianak dilakukan dengan dipukul-pukul adalah supaya menghasilkan rasa yang gurih dan lebih nikmat. Semua orang dapat menikmati makanan khas Pontianak yang satu ini, baik orang dewasa, orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Banyak sekali pedagang Sotong Pangkong di Pontianak karena peminatnya yang selalu ramai. Sehingga banyak para pedagang yang meraup keuntungan besar dari hasil berjualan Sotong Pangkong ini karena cepat laku setiap harinya.

Sotong Pangkong Khas Pontianak biasanya disajikan dengan sambal kacang tanah yang ditumbuk dan dijadikan dengan kuah asam pedas. Biasanya, penjual Sotong Pangkong menyediakan karpet sebagai alas duduk para pengunjung untuk duduk bersantai lesehan sembari menikmati sajiannya. Alasan mengapa makanan ini banyak diburu adalah karena selain memiliki rasa yang lezat, juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Sehingga tak heran bila anak-anak dan remaja pun banyak yang membelinya.

Yuk coba makan chai kue pontianak, bagi yg suka dimsum harus coba ini

Tekstur sotong yang telah dikeringkan memang tidak seperti sotong yang masih segar dan yang masih mudah dikunyah. Karena sudah kering, sotong ini cukup keras dan membutuhkan waktu untuk dapat ditelan. Namun, itulah ciri khas dan keunikan dari menyantap Sotong Pangkong Khas Pontianak. Sedikit tips untuk menikmati Sotong Pangkong, agar tidak kesulitan ketika mengunyahnya, Anda dapat memotong-motongnya terlebih dahulu menjadi bagian-bagian yang kecil. Setelah itu, cocolkan dengan sambal kacang kemudian santap. Perpaduan dari rasa sotong dengan sambal kacang pedas manis akan menciptakan cita rasa yang unik. Karena mengkonsumsinya membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk itu makanan khas Pontianak yang satu ini memang lebih asyik disantap sembari berbincang-bincang bersama teman-teman Anda.

Apabila Anda tidak menyukai teksturnya yang cukup keras, Anda dapat menikmatinya dengan cara lain. Yaitu dengan memasukan sotong yang telah dipotong-potong kecil ke dalam sambal kuahnya. Dengan merendamnya selama sekitar 5 hingga 10 menit, tekstur sotong dapat menjadi lebih lembut dan lebih mudah disantap. Namun dengan cara ini cita rasa khas Sotong Pangkong akan hilang karena sudah direndam dengan cukup lama.  Tetapi semuanya kembali kepada masing-masing, karena setiap orang tentunya memiliki selera cita rasa yang berbeda-beda.

Sotong Pangkong Khas Pontianak

Sotong Pangkong Khas Pontianak dapat ditemukan di berbagai tempat seperti di warung-warung kaki lima, ataupun di restoran-restoran sederhana, hingga restoran mewah. Sotong Pangkong  yang dijual di warung kaki lima sederhana, tidak kalah lakunya dengan yang dijual di restoran mewah. Hal ini dikarenakan situasi lesehan sembari berkumpul yang diciptakan dapat membuat pembeli merasa nyaman dan senang untuk melahap makanan nikmat ini sembari bersantai bersama kerabat ataupun teman.

Maka dari itu, baik masyarakat daerah ataupun wisatawan luar daerah banyak yang ingin mencicipi makanan khas Pontianak ini dengan menikmati suasana lesehan. Biasanya dengan cara itu, menyantap makanan menjadi lebih nikmat. Untuk itu, tak heran warung kaki lima yang menjual Sotong Pangkong selalu ramai dikunjungi. Sotong Pangkong juga seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh Pontianak yang khas. Karena teksturnya yang sudah dikeringkan, maka tidak masalah bila Anda ingin membawanya pulang untuk oleh-oleh.

Bagi Anda yang sedang berlibur atau hendak mengunjungi Kalimantan Barat, wajib untuk berjalan-jalan dan mencicipi Sotong Pangkong Khas Pontianak. Karena ini merupakan makanan daerah, tentunya tidak bisa didapatkan di daerah lain selain di Kalimantan Barat. Maka dari itu, bagi pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke Kota Pontianak, jangan lewatkan waktu Anda untuk berkuliner di warung-warung atau restoran yang menjual Sotong Pangkong.

sumber gambar : okezone

Salam Cumibunting!

Galeri untuk Kelezatan Cita Rasa Sotong Pangkong Khas Pontianak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *