Klepon Tidak Islami, Inilah Klepon Paling Enak di Dunia

2 views
Jakarta

Jajanan pasar sederhana khas Jawa ini rasanya legit kenyal. Meski banyak penjualnya, ternyata inilah klepon paling enak di dunia.

Ramai di media sosial soal klepon tidak islami, nyatanya klepon tak hanya menguasai jagad jajanan di Jawa tetapi juga sampai ke pulau dewata atau Bali. Bahkan di pulau yang cantik ini ada penjual klepon yang terkenal dengan kleponnya yang terenak di dunia.

Meskipun disebutkan dalam sejarah bahwa klepon berasal dari Jawa Timur tetapi jajan pasar berbentuk bola-bola mungil ini juga populer di pulau dewata. Di daerah Tanah Lot banyak penjual klepon yang menjajakan dagangannya di area wisata.

Di Bali jajan pasar atau jajanan tradisional dikenal sebagai jaja (dibaca ‘jaje’), jadi klepon disebut jaja klepon. Kelpon di Bali dibuat dengan warna hijau dari daun pandan suji. Sementara yang hitam dari tepung ketan hitam.

klepon gianyar terenak di duniaklepon gianyar terenak di dunia Foto: IG@jiufang_swara

Adalah penjual yang populer di kawasan Gianyar dan dikenal dengan sebutan Klepon Gianyar. Tempat jualannya dikenal dengan nama Klepon Ida Bagus Berata, di Jalan Kalantaka 14, Banjar Sengguan Kawan.

Lalu mengapa klepon Gianyar ini mendapat julukan klepon terenak di dunia? Yang memberi julukan ini adalah almarhum Bondan Winarno dan pakar kuliner senior Wiliiam W. Wongso. Dengan standar selera yang tinggi, rekomendasi keduanya tentu punya alasan kuat. Almarhum Bondan Winarno mengomentari dengan kriteria ‘maknyuuus’, paling enak. Almarhum juga merekoemndasikan klepon ini dalam bukunya ‘100 Maknyus Bali.

Rasanya klepon Gianyar Ida Bagus Berata memang berhak menyandang julukan klepon terenak di dunia. Karena sejak pukul 06.00 pagi mereka sudah melayani pembeli. Semua klepon dibuat ‘a la minute’ alias hangat dan segar. Bahkan pembeli bisa mengintip kehebohan dapur saat membeli klepon di sana.

klepon gianyar terenak di duniaklepon gianyar terenak di dunia Foto: IG@jiufang_swara

Klepon dibuat dengan membuat adonan tepung ketan, pewarna dan air. Semuanya diaduk dengan tangan dan dicek kekenyalannya. Setelah itu barulah adonan dibentuk menjadi bola-bola mungil. Bola-bola adonan dibuat bulatan yang cekung, mirip seperti membuat pempek kapal selam.

Setelah itu barulah cekungan diisi dengan gula merah cair memakai sendok teh dan adonan dibulatkan kembali. Selanjutnya direbus hingga mengapung, ditiriskan dan direndam air dingin. Tahap akhir klepon ini digulingkan dalam kelapa parut. Klepon siap dinikmati.

Klepon isi gula arenKlepon Gianyar terenak di dunia. Foto: detikfood

Tak seperti klepon lain yang adonannya sering alot keras dan isi gula merahnya masih keras. Klepon Gianyar selain hangat saat masuk ke mulut terasa lembut mulur dan gula merahnya langsung ‘meledak’ leleh di mulut.

Selain gulanya leleh kelapa parut yang membalut klepon juga diparut segar, dengan bentuk parutan memanjang sehingga terasa gurih renyahnya. Aturannya hanya satu jika makan klepon ini harus sekaligus masuk mulut ‘hap’ dan biarkan gula legitnya meleleh di mulut. Yang pasti 1 atau 3 butir klepon tak pernah cukup. Maknyus, endolita!

Simak Video “Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5102647/klepon-tidak-islami-inilah-klepon-paling-enak-di-dunia

Gallery for Klepon Tidak Islami, Inilah Klepon Paling Enak di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *