10 Makanan Khas Pontianak yang Patut Dicoba

4 views

Pontianak adalah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat yang sekaligus berperan sebagai ibu kota di provinsi ini. Satu hal yang paling terkenal dari kota ini adalah kota khatulistiwa karena dilewati oleh garis yang membagi bumi menjadi belahan utara dan selatan. Sebagai ibukota provinsi, ada beragam tujuan wisata termasuk Makanan Khas Pontianak. Wisata makanan dan kuliner tidak akan pernah terlepas dari masyarakat Indonesia, dan Pontianak memiliki keunikan tersendiri mengenai hal tersebut.

 

Beberapa Makanan Khas Pontianak yang Sangat Direkomendasikan

Perlu Anda ketahui, masyarakat yang mendiami Pontianak berasal dari berbagai suku, mulai dari suku asli Kalimantan, Melayu, Jawa, dan beberapa suku lain. Dengan keragaman tersebut, makanan dan kuliner yang disajikan memiliki citarasa khas. Perjalanan wisata Anda tidak akan cukup sehari untuk mengeksplorasi kuliner Pontianak tersebut. Berikut ini beberapa kuliner wajib yang harus dicicipi jika Anda berkunjung ke Pontianak.

  1. Bakmi KepitingMakanan berbahan dasar mie tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukannya dengan mudah dan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah bakmi kepiting. Dari namanya, Anda sudah dapat menduga apa yang akan diterima ketika makanan ini ada di depan Anda. Secara umum, bakmi ini mirip dengan bakmi lain dan yang membedakan adalah topping. Daging yang digunakan bukan ayam melainkan kepiting. Tentu saja, ada beberapa topping lain seperti kue ikan, bakso, dan pangsit goreng.Sebagai salah satu Makanan Khas Pontianak, bakmi kepiting juga populer di daerah lain seperti Jakarta. Namun, makan bakmi ini langsung dari tempat asalnya akan memberikan cita rasa berbeda. Kepiting yang diambil berasal dari area Pontianak. Perlu Anda ketahui, Pontianak dekat dengan laut sehingga ikan dan hasil laut menjadi salah satu daya tarik wisatanya. Nah, untuk kehalalannya lebih baik pilah pilah ya kawan, soalnya ada yg menggunakan pork
    bakmie kepiting pontianakSelengkapnya kunjungi : Bakmie Kepiting Pontianak
  2. Jorong-jorongMakanan Khas Pontianak tidak harus besar dan mewah. Makanan kecil pun masih sanggup menggugah lidah para wisatawan. Salah satunya adalah Jorong-jorong. Apa yang menarik dari makanan ini? Bahan yang digunakan adalah tepung beras, santan, dan gula merah. Terlihat sederhana tetapi momen pembuatannya hanya ada di bulan puasa atau Ramadan. Makanan ini disantap untuk takjil pada saat berbuka puasa. Anda harus datang di bulan-bulan tersebut ketika berniat mencoba jorong-jorong. Bahannya mudah, tetapi pembuatannya memerlukan keahlian dan ketekunan sehingga rasa yang diciptakan tidak lagi diragukan.
    jorong jorongsource : twitter.com
    Selengkapnya : resepnusantara.id
  3. PengkangPernah melihat nasi bakar atau lemper? Bentuk pengkang sekilas mirip dengan mereka, tetapi isinya berbeda. Makanan ini terbuat dari ketan dengan ebi dan dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikat bambu menguatkan daun tersebut lalu dibakar. Terdengar mudah tetapi sulit untuk dibuat kecuali telah berpengalaman. Makanan ini bukan hidangan utama meskipun berisi ketan. Pengkang lebih ke arah cemilan dan ditemukan pada area pesisir. Pengkang adalah Makanan Khas Pontianak yang sangat legendaris dan diburu para wisatawan.
    pondok pengkangSelengkapnya di : http://cumibunting.com/kuliner-khas-pontianak-pondok-pengkang/
  4. Sotong PangkongBulan Ramadan memiliki keunikan tersendiri di Pontianak. Ada banyak kuliner yang hanya dibuat pada saat bulan ini. Salah satu kuliner tersebut adalah Sotong Pangkong. Bahan utama dalah cumi yang dipanggang. Anda sudah biasa makan cumi ditumis atau goreng. Untuk Sotong Pangkong, cumi dipanggang hingga kering lalu dipukul supaya empuk. Untuk menikmatinya, Anda dapat makan dengan sambal kacang atau asem manis. Kuliner ini dapat dimakan untuk cemilan secara langsung atau dengan nasi. Banyak tempat di Pontianak yang menjual Sotong Pangkong jadi tidak perlu khawatir untuk membelinya.
    sotong pangkongSelengkapnya : http://cumibunting.com/kelezatan-cita-rasa-sotong-pangkong-khas-pontianak/
  5. Bubur ikanBubur ayam sudah biasa ditemui tetapi tidak untuk bubur ikan. Salah satu Makanan Khas Pontianak adalah bubur ikan. Makanan khas Pontianak cenderung bercitarasa laut karena wilayahnya yang pesisir dan memiliki sungai besar. Bubur ikan mirip dengan bubur ayam tetapi topping bukan ayam tetapi ikan. Kuahnya juga berasal dari ikan dan tambahan laut seprti irisan telur. Yang menarik dari kuliner ini adalah penjual yang menjajakan hanya di malam hari. Tentu saja, bubur ikan buka pilihan ketika anda membutuhkan sarapan, tetapi dapat dimakan sebagai makan malam.
    bubur ikan ahiansource : tripadvisor.com
  6. Burung punaiBurung punai memiliki bulu yang indah dengan warna kehijauan. Bentuknya mirip merpati tetapi berbeda genus. Di Pontianak, burung punai sangat banyak sehingga penduduk mengolah menjadi makanan. Hidangan burung punai adalah Makanan Khas Pontianak yang harus menjadi menu utama bagi wisatawan. Burung dihidangkan dengan dibakar atau goreng. Anda cukup memakannya dengan nasi putih disertai sambal. Rasanya sangat lezat.
    masakan burung punaisource : https://dherdian.wordpress.com/2010/03/12/pengkang-dan-burung-punai/
  7. Cha kweePontianak juga memiliki penduduk etnis Tionghoa yang besar. Oleh karena itu, masakan khas mereka juga sangat diminati oleh wisatawan dan salah satunya adalah cha kwee. Bentuknya unik karena berupa adonan beras dengan isi beragam seperti kacang, talas, bengkoang, dan lainnya. Makanan ini biasa disantap dalam bentuk direbus atau digoreng sesuai dengan pilihan. Sebagai Makanan Khas Pontianak, cha kwee juga ada yang divariasi dengan saus khusus diatasnya sehingga lebih lezat untuk disantap.
    chai kue khas pontianakSelengkapnya : Chai Kue Khas Pontianak yang Menggoyang Lidah
  8. Lek Tau SuanCha kwee tidak sendiri ketika dihidangkan. Anda dapat menaruhnya pada Lek tau Suan atau bubur kacang hijau. Namun, bubur ini terbuat dari dari kacang hijau tanpa kulit sehingga tampak putih bersih. Sesuai dengan namanya, bubur ini mengandung inti dari kacang hijau atau mutiara putih. Pembuatannya juga tidak sulit karena bahan dasarnya kacang hijau. Kuah terbuat dari tepung tapioka, daun pandan, dan gula pasir. Sebagai salah satu Makanan Khas Pontianak, Lek Tau Suan merupakan makanan yang sangat digemari oleh wisatawan. Makanlah disaat hujan dan selagi hangat. Anda tidak akan menemukan citarasa lain yang setara dengannya.
    Selengkapnya : https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-pontianak/lek-tau-suan-makanan-tionghoa-khas-pontianak.html
  9. Sagu GuntingPontianak juga memiliki makanan khas dari bahan sagu yang disebut Sagu Gunting. Ini adalah makanan yang dibuat dengan santan, gula merah, dan susu. Rasanya manis sehingga Anda akan merasa segar dan bertenaga. Sagu gunting adalah Makanan Khas Pontianak yang umum dijumpai. Beberapa tambahan adalah kacang hijau dan ketan hitam. Setelah menyantap makanan berat, hidangan penyegar yang patut dicoba adalah Sagu Gunting.
    sagu guntingsource : klikhotel.com
    Selengkapnya di https://resepnusantara.id/resep-sagu-gunting-khas-pontianak/
  10. Lidah buayaPontianak memiliki makanan khas terbuat dari lidah buaya yaitu kerupuk. Selain itu, bahan ini juga disajikan dalam bentuk teh. Jika Anda berlibur ke kota ini, oleh-oleh khas Pontianak yang dapat dibawa pulang adalah produk olahan lidah buaya. Seperti yang banyak diketahui, lidah buaya merupakan bahan dengan nutrisi tinggi dan kaya mineral. Bahan ini digunakan oleh banyak produk kesehatan, kulit, dan kecantikan. Namun, Anda akan jarang menemukan olahannya dalam bentuk makanan.
    es lidah buaya makanan khas pontianak

Makanan-makanan yang ada di Pontianak mencerminkan keanekaragaman budaya dan penduduknya. Beberapa dari makanan tersebut dapat dijumpai di daerah lain, tetapi tidak akan sama ketika makan langsung di daerah asalnya. Selain itu, ada makanan khas yang membutuhkan bahan khusus dan teknik tertentu sehingga hanya ada di Pontianak. Daftar Makanan Khas Pontianak adalah referensi ketika ada berwisata ke kota ini.

Gallery for 10 Makanan Khas Pontianak yang Patut Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *