minuman tradisional

Minuman Tradisional Diburu Selama Pandemi

10 views

Minuman tradisional sekarang menjadi “primadona” selama pandemi. Mengapa tidak? Awal awal pandemi, hampir semua jenis minuman tradisional habis di pasaran, supermarket, toko kelontong, dan mini market. Meskipun ada barangnya, harganya minimal 1.5x lipat dibandingkan harga wajar. Sama halnya seperti masker, para pedagang nakal melihat peluang ini, sehingga produk yang lagi hype di pasaran langsung diborong tanpa peduli supply di pasar.

Bagi yang belum tahu minuman tradisional itu apa. Minuman tradisional adalah minuman yang berasal dari dedaunan, rempah rempah maupun bahan bahan alami yang diolah oleh nenek moyang kita secara turun temurun dan memiliki khasiat bermacam macam bagi tubuh manusia.

Kategori minuman tradisional

Minuman ini tergolong menjadi 2 :

Jamu

Kamu yang sering mengonsumsi jamu, minuman tersebut termasuk golongan minuman ini. Minuman tersebut antara lain seperti

Beras kencur

Merupakan jamu khas Jawa dengan bahan utama beras dan rimpang kencur. Khasiat dari minuman ini adalah meningkatkan nafsu makan seseorang. Mengapa? Karena dengan rasa yang manis dan segar, lidah menjadi lebih bergairah untuk menyantap makanan.

Kunyit asam

Minuman ini juga merupakan minuman jamu khas Jawa. Bahan utama jamu ini adalah perpaduan kunyit dan asam. Manfaat dari kunyit asam sebagai berikut

Mengatur kadar gula darah

Ketika kamu rutin meminum kunyit asam, secara tidak langsung dapat mengatur gula darah dalam tubuh.

Meredakan sakit ketika haid

Wanita yang mengonsumsi kunyit asam dapat meredakan sakit ketika haid, salah satunya seperti kiranti yang mengandung kunyit asam.

Mencegah resiko kanker

Orang yang meminum kunyit asam secara rutin juga dapat mencegah resiko kanker. Zat curcumin yang terkandung dalam kunyit memiliki khasiat mencegah resiko kanker. Curcumin juga dapat mengurangi resiko rusaknya sel tubuh ketika mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kamu yang rutin mengonsumsi kunyit asam, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan, antiperadangan dan antibakteri pada minuman kunyit asam meningkatkan daya tahan tubuh. Serta curcumin itu sendiri yang menjadi modulator kekebalan tubuh melawan kanker.

Daun Pepaya

Buah pepaya selain buahnya manis ketika kamu makan, ternyata daun nya juga mengandung banyak khasiat. Rata rata orang tidak menyukai jamu daun pepaya ini karena rasanya yang sangat pahit dan getir. Namun, dibalik itu semua daun pepaya memiliki banyak khasiat, antara lain.

Dapat Memproduksi Darah Trombosit

Sama halnya dengan jambu biji, daun pepaya juga dapat membantu meningkatkan trombosit bagi tubuh. Hal ini bisa jadi alternatif untuk orang orang yang sedang ingin meningkatkan jumlah trombosit ketika sakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun pepaya juga memiliki khasiat meningkatkan daya tahan bagi tubuh.

Brotowali

Brotowali merupakan jamu khas Jawa. Tanaman ini sering tumbuh liar di hutan ataupun sengaja ditanam di pekarangan. Batang nya memiliki khasiat bagi tubuh ketika direbus. Rebusan dari batang brotowali sangat pahit, tetapi sangat menyehatkan bagi tubuh seperti dapat membantu mengurangi gejala kencing manis, menurunkan panas, mengurangi gula darah, sebagai obat reumatik. Untuk daerah lain brotowali juga terkenal dengan sebutan antawali, andawali, putrawali, atau daun gadel.

Terkadang orang orang mencampur beberapa jamu tertentu dalam satu teguk. Hal ini untuk meningkatkan cita rasa dan khasiat bagi tubuh.

Non Jamu

Untuk minuman non jamu, biasanya orang orang meminumnya ketika sedang santai atau sebagai teman makan. Seperti minuman jahe, bandrek, Sekoteng, wedang uwuh. Minuman minuman tersebut biasanya sebagai teman makan malam ketika dingin.

Jahe Merah Hangat Minuman Terbaik

Bagi tim cumibunting, yang paling nikmat adalah minuman jahe merah. Berbeda dengan jahe biasa, rasa pedas dari jahe merah ini lebih terasa.

Buat kamu yang pengen beli minuman tradisional sebaiknya dipastikan dulu khasiatnya apa, supaya pas dengan kebutuhan saat pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *