Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona

3 views
Jakarta

Bisnis kuliner online laris manis di saat pandemi Corona. Banyak orang memanfaatkan waktu di rumah saja untuk berjualan makanan.

Bisnis kuliner tak pernah surut peminat, bahkan bisa dibilang jadi primadona. Menekuni bisnis ini tergolong mudah karena bisnis kuliner online bisa dimulai siapa saja dengan modal yang tak harus besar.

Jenis makanan yang dijualpun beragam. Ada makanan rumahan, camilan kekinian, sampai makanan beku yang awet lebih lama. Beberapa orang yang tak mau ribet juga mencoba bisnis kuliner berkonsep franchise. Dengan begitu mereka tinggal terima jadi karena produk dan pemasaran sudah disiapkan pemilik franchise.

Bisnis kuliner onlineBisnis kuliner online Foto: Getty Images/wundervisuals

Uniknya, di tengah pandemi Corona, bisnis kuliner khususnya yang bersifat rumahan menjadi sangat bergeliat. Hal ini lantaran banyak orang yang di rumah saja terpikir untuk menjual makanan. Sifatnya ada yang hanya mengisi waktu, namun ada pula yang berakhir serius untuk mendapat pemasukan.

Dikutip dari detikFinance (28/4), lonjakan pertumbuhan bisnis e-commerce di tengah pandemi virus Corona diakui Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki. Ia mengatakan pedagang online melonjak 250% di e-commerce dengan produk andalan berupa produk kesehatan.

Tapi selain itu, produk makanan juga banyak diburu. “Jadi permintaan terhadap produk-produk yang siap olah, praktis itu sekarang banyak UMKM memproduksi makanan frozen, makanan kaleng yang tinggal dipanaskan,” ucap Teten.

Baca Juga: Jumlah Pedagang Online Melonjak 250% Selama Corona

bahan dan alat pembuatan kuebahan dan alat pembuatan kue Foto: iStock

Laris manisnya bisnis kuliner di tengah pandemi virus Corona juga diakui chef Vindex Tengker. Dalam webinar bertajuk “Chef Talks: During a pandemic & impact on their business” Mei lalu, ia mengatakan, “Sekarang kita bisa lihat oven dan mixer laku keras. Semua orang mau jadi baker, ini bisa jadi usaha,” katanya.

Ia menilai ini menjadi potensi bisni yang menggiurkan. Chef Vindex juga sempat memberi saran dimana jenis makanan yang dijual sebaiknya fokus di satu jenis makanan saja. “Look at your self, bisanya apa, Mulai dari apa yang bisa dibikin lalu dikembangkan. Stay with one thing, make it consistent, make it good. Supaya bisa berlanjut nanti,” katanya.

Hal senada juga disampaikan pakar kuliner William Wongso. Ia menyoroti orang Indonesia yang banyak berjualan makanan di tengah pandemi ini. Beruntungnya netizen Indonesia mau bergotong-royong membantu melariskan makanan tersebut.

Bisnis kuliner onlineBisnis kuliner online Foto: Getty Images/wundervisuals

Baca Juga: William Wongso Beri Tips Jualan Makanan di Tengah Pandemi COVID-19

Nah, dalam ulasan kali ini, detikFood akan mengupas tuntas soal bisnis kuliner online yang laris di tengah pandemi Corona. Mulai dari sosok-sosok inspiratif yang melakukannya, jenis makanan yang dijual, hingga tips untuk memulai bisnis kuliner bagi pemula.

Tips tersebut juga mencakup cara mempromosikan makanan yang dijual hingga menjalankan bisnis kuliner dengan modal yang minim. Mulai dari Rp 100 ribu saja sudah bisa jualan makanan lho! Simak terus info lengkapnya di detikFood ya!

Simak Video “Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5066750/rahasia-bisnis-kuliner-online-yang-laris-di-tengah-corona

Galeri untuk Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *