Sate Kambing Bojongsoang

Sate Kambing Maknyoss Di Bojongsoang

9 views

Makan sate kambing? Di pinggir kota Bandung bagian selatan, tepatnya di daerah Dayeuhkolot terdapat sate kambing maknyoss di Bojongsoang. Letaknya tidak jauh dari kawasan kampus Telkom University. Masih belum tahu daerah Bojongsoang di mananya? Jika kamu dari arah kota Bandung, pergi lah ke daerah selatan Bandung ke arah wisata Pengalengan atau Kawah Putih Ciwidey tetapi via Dayeuhkolot bukan via Kopo. Setelah kamu melewati Tol Buah Batu, carilah kawasan kampus Telkom University, tetapi jangan belok kanan masuk ke kawasan kampus tersebut, melainkan lurus sekitar 150m dari gerbang kampus di situ kamu akan menemukan warung sate kecil bernama Warung Sate “Pak Khomar”.

Kamu sudah pernah makan sate kambing kan? Sate kambing buatan orang Madura dengan buatan orang Jawa memang cita rasanya berbeda. Sate kambing khas buatan orang Jawa pun bumbunya berbeda beda tergantung daerahnya. Indonesia memang kaya akan kuliner khasnya. Bagi yang belum pernah mendengar, melihat bentuknya bahkan merasakannya, sate kambing adalah potongan potongan daging yang dipotong potong menjadi bentuk balok tidak beraturan kemudian ditusuk dengan tusuk sate yang terbuat dari bambu. Ada dua cara membumbuinya, sebelum ditusuk daging dicampur dengan bumbu, atau setelah ditusuk baru dicampur dengan bumbu. Setelah sate dibumbui dibakar di atas arang yang terbuat dari batok kelapa maupun kayu. Pada saat pembakaran sate yang setengah matang dicelup lagi ke dalam bumbu kemudian dibakar hingga matang.

sate kambing pak Khomar

Kembali lagi dengan sate kambing pak Khomar. Kalau sate kambing pak Khomar sate ditusuk dahulu kemudian dibumbui dan selanjutnya dibakar. Cita rasa sate kambing di sini seperti cita rasa sate kambing yang ada di Solo. Meskipun masih belum menyerupai di tempat asalnya, cukup untuk mengobati rasa rindu sate kambing khas Solo.

Di warung kecil tersebut tidak hanya menjajakan sate kambing melainkan masih ada sate ayam, sate sapi, tongseng kambing, tongseng sapi, tongseng ayam dan nasi goreng kambing. Eiitss, sebentar, kenapa ada tongseng ayam atau tongseng sapi? Padahal di daerah daerah Jawa jarang ditemui tongseng dari kedua jenis daging tersebut bahkan tidak ada. Yapp, warga Bandung yang tidak suka dengan daging kambing menggantinya dengan ayam atau sapi.

Dari segi harga masih bisa terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Dahulu tahun 2012 harga nya masih murah. Yaaah jelas gan di tahun segitu. Sekarang untuk satu porsi sate kambing (10 tusuk) harganya sekitar Rp 18.000,00, untuk tongseng kambing + nasi dihargai Rp 15.000,00, untuk nasi goreng kambing juga Rp 15.000,00, nasi putih Rp 3.000,00 bagi yang ingin menambah nasi putih.

Buat kamu mahasiswa Telkom University setidaknya cobalah makanan khas orang Jawa ini, dijamin tidak akan menyesal. Buat para wisatawan yang sedang melewati jalan ini atau sedang menuju daerah wisata Bandung Selatan (Ciwidey, Situ Patenggang, Situ Cileunca, Pengalengan) monggo mampir untuk istirahat sejenak.

Untuk kamu yang ingin mencoba sate kambing di daerah kota Bandung bisa kunjungi artikel ini.

Keep Calm, Stay Update!!! Salam Cumibunting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *