Sejarah Kue Legita di Pontianak

3 views

Bagi sebagian orang, Kalimantan Barat khususnya Pontianak tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kue Legita. Namun, bagi beberapa pendatang mungkin masih terdengar asing. Dari namanya saja Anda pasti sudah menebak bahwa kue tersebut berbentuk seperti lapis legit. Kalau lapis legit sangat mudah ditemukan dimana saja bahkan sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia, tetapi untuk kue ini hanya ada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Di Kalimantan Barat khususnya di kota Pontianak ada toko kue yang bernama Toko Kue Le Gita. Toko kue ini merupakan salah satu toko kue yang legendaris di Pontianak. Toko kue ini sudah sejak lama berdiri di Pontianak. Apakah Anda ingin tahu bagaimana kue Legita ini bisa menjadi wisata kuliner khas Pontianak? Mari bahas lebih lebih lanjut mengenai sejarah awal kue tersebut ada.

pendiri kue legita

Sejarah Adanya Kue Legita di Pontianak

Jika Anda merupakan salah satu warga di Pontianak dan sudah menetap dalam jangka waktu yang lama tentunya sudah tahu adanya toko Le Gita, yaitu salah satu toko kue terlaris dan terlegendaris. Pemilik toko kue Legita tersebut bernama Lim Kim Chun yang sekarang berusia 82 tahun. Awalnya Lim Kim Chun memliki hobby membuat kue yang diturunkan dari keluarganya. Keluarga Lim Kim Chun mempunyai resep sendiri untuk membuat kue.

Lim Kim Chun biasa dipanggil sebagai Chun Le merupakan wanita yang sangat handal dalam membuat resep kue. Resep tersebut sudah turun temurun dan bersifat rahasia. Jadi, resep kue Legita tidak akan disebar luaskan, di tampilkan di internet dan lain sebagainya. Justru dari situlah yang membuat toko tersebut tetap laris dari dulu hingga sekarang. Kenikmatan dan kelezatan yang diciptakan oleh toko kue tersebut tidak ada yang bisa menandingi dan mencontohnya.

via legita-cake.com

Chun Le sudah gemar membuat kue sejak berumur 15 tahun. Lalu, setelah Chun Le dewasa, ia dan keluarganya pindah ke Pontianak, Kalimantan Barat. Sejak awal kepindahannya itulah, ia merintis bisnis penjualan kue. Pada jaman dulu kue yang diproduksi sangat terbatas karena terbatasnya juga tenaga yang digunakan. Kue yang diproduksi pada saat itu hanyalah nastar, lapis legit, kue mocca dan juga macam-macam dodol seperti dodol kuning telor dan dodol putih telor. Namun meskipun baru sedikit jenis kue yang dijual, penjualan di pasar sudah lumayan tinggi hingga Chun Le memiliki pelanggan tetap untuk kue-kue yang diproduksinya tersebut. Saat pertama kali dijual di pasaran pada tahun 1970-an, kue Chun Le mendapatkan tanggapan positf. Oleh karena itu Chun Le tetap melanjutkan bisnisnya untuk berjualan kue Legita.

Pada jaman awal-awal toko kue tersebut dibuka, produksinya masih sangat sederhana yaitu hanya dengan menggunakan produksi rumahan atau biasa disebut home industri tentunya dengan alat-alat seadanya dan biasa saja. Dari segi penjualan dan promosi juga masih sederhana, yaitu dengan cara mempromosikan dari mulut ke mulut dan penjualannya dengan sistem pemesanan. Jadi, tidak ada stock kue, kue yang dibuat hanya berdasarkan dari pesanan konsumen. Lalu, pengambilan kue tersebut langsung datang kerumah.

Pada tahun 1970-an tersebut Chun Le belum membuka sebuah toko, jadi hanya bentuk rumah biasa namun melayai pemesanan kue. Dulu alamat rumah Chun Le berada di Jl. Tanjungpura Gang Rangon, Pontianak, Kalimantan Barat. Seiring berjalannya waktu, Chun Le menambah resep-resep baru dan menambah produk baru yaitu lapis legit prunes, lapis durian, lapis legit polos, lapis keju dan lapis Surabaya. Selain itu, ada juga aneka kue kering, nastar keju dan nastar polos.

Produksi kue Chun Le semakin berkembang, dan akhirnya membentuk toko kue pada tahun 2000, diberi nama Le Gita Cakes dan resmi menjadi oleh-oleh khas Pontianak. Namun, pada saat itu penjualan kue masih dengan cara yang sama tetapi pasar penjualannya sudah sampai Pulau Jawa. Alamat toko tersebut berada di Jl. Pahlawan nomor 240 Pontianak, Kalimantan Barat. Saat ini toko kue Legita di pegang oleh anak Chun Le yang bernama Johan. Setelah di pegang oleh Johan, toko kue tersebut memiliki cabang di Jl. Ahmad Yani Pontianak.

Perlu Anda ketahui meskipun toko kue ini mengeluarkan resep dan produk baru, resep turun temurun keluarga akan selalu dipakai dan tidak akan pernah memakai bahan pengawet saat produksi berlangsung. Saat ini total jenis kue yang dibuat dan dijual ada 19 jenis kue. Penjualan juga sudah meluas hingga ke daerah Papua.

kue legita cake

Apakah Anda berminat untuk mencoba dan membeli Kue Legita ini? meskipun letaknya yang lumayan jauh dan dibandrol dengan harga yang lumayan mahal, tentu Anda tidak akan merasakan rugi ketika membeli kue ini karena kue ini memiliki rasa yang sangat enak dan tidak ada yang bisa menandingi rasa enak kue tersebut. Ketika Anda berlibur ke Kalimantan khususnya Pontianak, Anda wajib untuk mencoba dan membeli kue tersebut.

source image : blanja.com

Salam Cumibunting!

Gallery for Sejarah Kue Legita di Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *