kue bingke khas pontianak

Udah pernah nyobain Kue Bingke Khas Pontianak??

15 views

Apakah Anda warga Kalimantan Barat khususnya Pontianak yang suka berburu kuliner? Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner kue yang satu ini. Kue ini merupakan salah satu kue terenak dan tentunya banyak dicari oleh para wisatawan mancanegara dan juga wisatawan domestik. Perlu Anda ketahui bahwa kue ini hanya ada di Pontianak. Jika Anda memutuskan untuk mencari di pulau lain atau di kota lain tentunya Anda tidak akan bisa menemukannya. Kue tersebut bernama Kue Bingke. Mungkin bagi beberapa orang belum tahu seperti apa kue tersebut. Untuk itu mari ulas lebih lanjut.

Nikmatnya Kue Bingke

Kue Bingke merupakan salah satu jenis wisata kuliner Pontianak dan makanan tradisional khas Pontianak yang terbuat dari tepung beras, gula, telur dan juga santan. Namun, resep rahasianya yaitu sebelum disajikan kue tersebut harus dipanggang sebanyak dua kali. Mengapa hal itu dilakukan? Hal tersebut dilakukan agar kue itu memiliki tingkat kematangan yang pas. Tentunya jika memiliki tingkat kematangan yang pas, warna dari kue tersebut juga akan terlihat bagus dan pas yaitu memiliki warna dengan kombinasi antara coklat muda dengan coklat tua.

source : tribunnews.com

Lalu bagaimana cara pembuatan kue bingke tersebut? Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan semua bahan-bahan diatas yang sudah disebutkan menjadi satu. Lalu setelah itu cara yang pertama letakkan diatas kompor dengan api yang tidak terlalu besar. Lalu, caranya yang kedua angkat kue yang berada di kompor tersebut dan masukkan ke dalam oven. Mengapa cara yang kedua ini perlu dilakukan? Agar tingkat kematangan kue  bisa pas dan tidak terlalu gosong. Perlu Anda ingat-ingat bahwa untuk didalam oven hanya membutuhkan waktu satu jam saja. Jangan sampai lebih karena ditakutkan akan menghasilkan kue dengan tekstur yang keras.

Baca Juga : Lezatnya Chai Kue Dimsum Pontianak

Pada jaman dahulu untuk membuat kue bingke tergolong sulit. Pada saat itu bahan bakar untuk memanggang kue menggunakan kayu bakar dan arang. Sudah Anda bayangkan betapa sulitnya untuk mendapatkan bahan bakaran tersebut? Jika pada jaman dahulu saja sudah sulit untuk mendapatkan bahan bakarnya, apalagi pada jaman sekarang? Oleh karena itu, tidak banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha kue ini.

Perlu Anda ketahui bahwa jaman sekarang ini sudah ada belasan pengusaha yang menjual kue bingke di Pontianak, Kalimantan Barat. Jika Anda bepergian ke Pontianak, tentu Anda akan menemukan banyak toko kue disana. Tidak ada orang Pontianak yang tidak tahu mengenai kue ini, karena kue ini termasuk salah satu kuliner kue yang terlegendaris di Pontianak.

Ada salah satu toko kue di Pontianak yang sangat laris dan sangat banyak dicari oleh orang, yaitu Bingke Khatulistiwa. Toko kue tersebut merupakan salah satu toko kue bingke tertua di Kalimantan Barat dan dikelola oleh Ira Susanawati. Usaha kue tersebut sudah ada sejak tahun 1990. Pada saat tahun 1990 kue itu dijual hanya dengan menggunakan gerobak dan berjualan keliling sampai ke bandara. Penghasilan yang dihasilkan oleh toko kue ini berkisar Rp 2.000.000 per harinya. Hal ini dikarenakan banyak sekali pelanggan pribadi Ira yang memesan via telepon maupun via langsung datang ke toko. Toko milik Ira ini sudah tersebar di seluruh kota Kalimantan Barat, bahkan dalam waktu dekat ini Ira akan membuka cabang di salah satu mall Kalimantan Barat.

 

Sejak awal adanya kue itu di Pontianak, langsung mendapatkan respon yang positif dipasaran karena memiliki rasa yang enak dan cocok bagi lidah masyarakat Kalimantan Barat dengan artian kue tersebut diterima disana. Oleh karena itu, sejak kue tersebut muncul langsung dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak yang wajib dibeli ketika Anda sedang berlibur kesana. Tenang saja, harga yang dibandrol untuk 1 porsi kue tidak terlalu mahal.

Apakah Anda berminat untuk membeli dan mencicipi kue ini? agar mudah menemukan kue ini di Kalimantan, disarankan datang pada saat libur lebaran. Mengapa? Hal ini dikarenakan pada saat Lebaran kota Pontianak akan membuat stand-stand atau bazar makanan di pinggir-pinggir jalan. Hal ini memudahkan para wisatawan yang datang ke Kalimantan untuk memburu kue tersebut.

Kue Bingke sudah tersebar di penjuru Indonesia, namun resep yang benar-benar asli hanya ada di Pontianak. Jika Anda merasa terlalu jauh untuk pergi ke Kalimantan, Anda bisa mencari kue tersebut di kota terdekat tempat tinggal Anda khususnya di kota besar seperti di Yogyakarta. Tidak akan merasakan rugi jika memutuskan untuk jauh-jauh pergi kesana hanya untuk membeli dan mencicipi kue tersebut. Semua uang yang Anda keluarkan untuk transport kesana akan terbayar ketika sudah merasakan kelezatan kue tersebut. Segera luangkan waktu Anda untuk berlibur dan mencicipi kue khas Pontianak.

Galeri untuk Udah pernah nyobain Kue Bingke Khas Pontianak??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *